Pimpin Rakor Inflasi, Irjen Kemendagri Soroti Kenaikan Harga Sejumlah Komoditas

- 20 Februari 2024, 16:18 WIB
Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir.
Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir. /Foto: Kemendagri

BOLTIM NEWS - Memasuki minggu ketiga Februari 2024, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir, menyoroti kenaikan harga sejumlah komoditas pangan. Ia pun menekankan agar persoalan ini menjadi perhatian seluruh Pemerintah Daerah (Pemda).

Perkataan tersebut dilontarkannya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Senin 19 Februari 2024.

"Kita sudah tahu penyakitnya apa, beras naik, jagung naik, tepung naik, bawang putih naik," kata Tomsi.

Baca Juga: Harga Beras Meroket, Irjen Kemendagri Minta Stakeholder Lakukan Langkah Pengendalian

Ia meminta Pemda dan stakeholder terkait untuk melakukan penanganan secara serius, agar daya beli masyarakat tidak tergerus. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) secara umum komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi sepanjang Februari 2018-2023 adalah beras, bawang putih, cabai merah, bawang merah, cabai rawit, ikan segar, dan daging ayam ras.

Sedangkan secara kumulatif hingga minggu ketiga Februari 2024 terjadi kenaikan harga cabai merah di 230 kabupaten/kota. Adapun harga rata-rata cabai merah di seluruh Indonesia saat ini mencapai Rp55.359 per kilogram.

Sementara untuk kenaikan harga beras pada minggu ketiga Februari 2024 terjadi di 179 kabupaten/kota, dengan kisaran harga rata-rata nasional mencapai Rp14.380 per kilogram. Selanjutnya, untuk telur ayam ras juga terjadi kenaikan harga di 182 kabupaten/kota, dengan kisaran harga rata-rata nasional mencapai Rp30.118 per kilogram.

Baca Juga: Mendagri Minta Pemda Berikan Bantuan bagi Petugas Penyelenggara Pemilu yang Wafat

"Nah, ini ada kenaikan yang sudah disampaikan tadi yang harus kita waspadai," ucapnya.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa

Sumber: Kemendagri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x