Tinjau Panen Jagung di Boalemo, Jokowi Dorong Peningkatan Produksi dan Kesejahteraan Petani

- 23 April 2024, 19:18 WIB
Presiden Jokowi meninjau panen raya jagung di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo pada Senin 22 April 2024.
Presiden Jokowi meninjau panen raya jagung di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo pada Senin 22 April 2024. /Foto: BPMI Setpres/Rusman

BOLTIM NEWS - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), meninjau panen raya jagung di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo pada Senin 22 April 2024.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan bahwa produksi jagung nasional terus meningkat dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Baca Juga: Tinjau Pembangunan Bendungan Bulango Ulu, Jokowi Optimistis Selesai Akhir Tahun 2024

Dalam keterangannya usai peninjauan, Presiden Jokowi menyatakan bahwa impor jagung nasional telah mengalami penurunan yang signifikan dari 3,5 juta ton menjadi 400-450 ribu ton. Namun, ia mengingatkan perlu adanya peningkatan harga jagung per kilogramnya.

“Tahun lalu bisa mencapai Rp8 ribu sekarang turun menjadi sekitar Rp4 ribu sampai Rp5 ribu per kilogram. Ini menunjukkan bahwa produksi kita melimpah. Kita harapkan dua-duanya, produksinya naik, tetapi harganya juga meningkat,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan di RSUD Toto Kabila Gorontalo

Presiden juga menekankan pentingnya pembelian oleh Bulog untuk menjaga stabilitas harga dan pendapatan petani. Mengenai musim panas dan potensi gagal panen, ia menyampaikan bahwa situasi masih terkontrol.

Selama kunjungan, Presiden Jokowi juga mengungkapkan kekagumannya terhadap lanskap pertanian di Boalemo yang dominan dengan tanaman jagung dan kelapa.

“Banyak jagungnya dan juga banyak kelapa yang saya lihat dari atas,” kata presiden.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x