Dirjen Bina Adwil Dorong Pj Kepala Daerah Dukung Program Kencana

- 12 Juni 2023, 15:49 WIB
Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA, dalam diskusi sesi panel II Rakor Pj Kepala Daerah di Gedung SBP Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat 9 Juni 2023.
Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA, dalam diskusi sesi panel II Rakor Pj Kepala Daerah di Gedung SBP Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat 9 Juni 2023. /Foto: Kemendagri

BN, Pikiran Rakyat - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, mendorong penjabat (Pj) Kepala Daerah mendukung program Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana). Program ini di desain untuk memperkuat penanggulangan bencana yang bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui optimalisasi peran pemerintah di tingkat kecamatan.

Ajakan tersebut disampaikannya dalam diskusi sesi panel II Rapat Koordinasi (Rakor) Pj Kepala Daerah yang dihelat di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga: Siapkan Regulasi Responsif, Kemendagri Imbau Satpol PP Pahami Tugas di Lapangan

Ia menilai, program ini penting terlebih letak geografis Indonesia berada di wilayah rawan bencana. Berdasarkan data yang dikantonginya, lebih dari 90 persen bencana terjadi di tingkat kecamatan, paling banyak berupa longsor, gempa bumi dan kekeringan.

“Jadi kecamatan harus tangguh,” tegas Safrizal, dikutip dari laman resmi Kemendagri, Senin 12 Juni 2023.

Baca Juga: Pj Kepala Daerah Diminta Miliki Sistem Belanja Daerah Berkualitas

Diberitahukannya, apabila ada Kepala Daerah termasuk berstatus Pj yang hendak mendukung program Kencana, dirinya terbuka untuk berkoordinasi terkait dengan bantuan yang akan disalurkan kepada kecamatan.

“Termasuk kalau bapak/ibu sekalian ingin bekerja sama antar daerah, sama saya banyak contoh kerja samanya” tandasnya.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x