Pengendalian Inflasi, Mendagri: Jangan Sampai Terjadi Penimbunan Bawang Putih

- 30 Mei 2023, 21:29 WIB
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian /Foto: Kemendagri

BN, Pikiran Rakyat - lembaga/lembaga (K/L) terkait dan Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk mencegah terjadinya penimbunan bawang putih di Indonesia. Nada ketegasan ini dilontarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, saat memimpin secara langsung Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah tahun 2023 yang digelar secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) , Jakarta, Senin 29 Mei 2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), komoditas bawang putih menjadi salah satu komoditas yang mengalami kenaikan harga di berbagai daerah pada periode minggu keempat bulan Mei 2023.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi PNS, Gaji ke-13 Segera di Cairkan

“Mewaspadai dan mengantisipasi, memonitor jangan sampai terjadi penimbunan bawang putih,” kata Tito dikutip dari laman resmi Kemendagri, Selasa 30 Mei 2023.

Ia menuturkan, Surat Perizinan Impor (SPI) untuk transportasi bawang putih dalam jumlah yang cukup perlu diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan rekomendasi dari Kementerian Pertanian (Kementan). Hal ini dalam rangka memenuhi kebutuhan bawang putih yang diperlukan masyarakat.

Baca Juga: Harga Jagung dan Telur Meroket, Mendagri Paparkan Sejumlah Langkah Pengendalian

“Sehingga suplai cukup untuk memenuhi kebutuhan dan harga akan turun bawang putih,” terangnya.

Mendagri menyebutkan, perlu kerja sama antar daerah dan peran pemerintah pusat dalam melakukan evaluasi dan mengontrol kenaikan harga bawang putih, termasuk di antaranya menjalin koordinasi dengan asosiasi yang berhubungan dengan tata niaga impor bawang putih.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x