Ini Langkah Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang untuk Mengatasi Terjadinya Kenaikan Harga Beras

- 26 Februari 2024, 20:57 WIB
Pj Wali Kota Tangerang Nurdin didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pimpinan Bulog saat mengecek kualitas beras SPHP di gudang bulog Tangerang
Pj Wali Kota Tangerang Nurdin didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pimpinan Bulog saat mengecek kualitas beras SPHP di gudang bulog Tangerang /Dok: ANTARA/Pemkot Tangerang/

BOLTIM NEWS – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Banten memutuskan untuk memperpanjang program Gelar Pangan Murah (GPM) menyusul tingginya antusiasme masyarakat dan terus berlanjutnya kenaikan harga pangan, khususnya beras.

Keputusan ini diambil sebagai upaya untuk memberikan dukungan kepada masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga pangan yang masih terjadi.

“GPM akan terus digelar selama harga komoditi di pasar masih tinggi. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau. Salah satunya beras. Melalui beras SPHP masyarakat dapat membeli Rp52 ribu per lima kilogram,” kata Kepala DKP Muhdorun di Tangerang, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: Harga Beras Melonjak di Kota Singkawang, Pj Gubernur Kalbar Siapkan Strategi

Ia menjelaskan, terkait rencana program GPM yang akan dilanjutkan, masyarakat dapat terus update informasinya melalui akun resmi Pemkot Tangerang. Mulai dari, @Tangerangkota, @Tangerangtv atau @dkp.tangerangkota. 

“Beras di Kota Tangerang dipastikan aman hingga lima bulan ke depan. Maka, masyarakat diimbau untuk tidak panik dengan berbelanja berlebihan. Manfaatkan program GPM atau membeli beras SPHP di sejumlah agen yang bekerja sama dengan Bulog Tangerang,” kata dia.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin berharap kegiatan Bazar Beras Murah dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok, khususnya beras. 

Baca Juga: Kenaikan Harga Beras Akan Berlanjut hingga Maret 2024, Ketua Koperasi PIBC Jelaskan Penyebabnya

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan tidak khawatir terhadap stok beras di Kota Tangerang. 

Sementara itu stok beras yang tersedia saat ini di gudang Bulog Cabang Tangerang mencapai 17.000 ton sehingga di klaim mencukupi hingga beberapa bulan ke depan.

Perlu diketahui, Dinas Ketahanan Pangan menggulirkan ragam program stabilisasi harga pasar mulai dari Bazar Beras Murah 104 kelurahan hingga Gelar Pangan Murah 39 titik. Saat ini GPM 39 titik masih akan berlangsung di enam titik terakhir hingga 29 Februari. 

***

Editor: Faruk Langaru

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x