Hanya dengan Tempurung Kelapa Mantan Kapolres Aceh Utara ini Bisa Raih Omset Jutaan Rupiah

- 25 Februari 2024, 13:13 WIB
Ahmad Untung Surianata memperlihatkan beragam karya kerajinan yang dihasilkan dari limbah
Ahmad Untung Surianata memperlihatkan beragam karya kerajinan yang dihasilkan dari limbah /Dok: Antara/

BOLTIM NEWS - Meskipun kebanyakan masyarakat di Aceh menggunakan tempurung kelapa sebagai bahan baku untuk memanggang ikan, namun nyatanya, benda tersebut juga memiliki potensi untuk diolah menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Tumpukan limbah yang berada di sepanjang wilayah di Kabupaten Aceh Utara, bisa disulap menjadi kerajinan yang unik berupa kancing baju di tangan Ahmad Untung Surianata. 

Produk mungil ini tidak hanya akan diminati oleh warga lokal, karena pasar internasional juga akan tertarik melihat keindahan dari corak alami yang dihasilkan oleh tempurung kelapa tersebut.

Hal itu telah dilakoni oleh mantan Kapolres Aceh Utara tersebut, dengan melatih puluhan warga di Aceh Utara untuk membuat kancing baju dari batok kelapa dan menjualnya pada rekanan yang telah menjadi konsumen tetap. 

“Dari limbah ini kita bisa hasilkan uang dengan nilai fantastis asalkan mau, apa lagi bahan bakunya banyak di sekitar lingkungan kita,” kata Untung pada awal Februari 2024.

Menurut dia, penjualan kancing baju tersebut pernah ia lakukan sampai ke Eropa. Oleh karena itu, dia yakin bisnis ini menjanjikan dan dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat setempat. 

Selain kancing baju, dia juga mengolah berbagai macam limbah lainnya seperti cangkang kerang, ranting kayu, ampas kayu, dan batu kerikil. Semuanya bisa diubah menjadi karya yang memiliki nilai ekonomis, bahkan mencapai jutaan rupiah. 

“Saya siap untuk mengajarkan semua ilmu membuat kerajinan yang saya miliki, asalkan benar-benar serius,” kata Untung.

Dia juga siap mendukung penuh untuk menggencarkan pengembangan ekonomi kreatif dengan melibatkan anak muda, dan ibu rumah tangga yang menganggur. 

Halaman:

Editor: Faruk Langaru

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x