Terima Kunjungan Delegasi US-ABC, Presiden Jokowi Bahas Investasi

- 26 Mei 2023, 22:57 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan delegasi dari US-ABC di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar
Presiden Jokowi menerima kunjungan delegasi dari US-ABC di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar /Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

BN, Pikiran Rakyat - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi delegasi dari US-ASEAN Business Council (US-ABC) di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kamis 25 Mei 2023.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan bahwa pertemuan tersebut membahas berbagai kerja sama di bidang investasi dan hubungan perdagangan antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Baca Juga: Kecelakaan Bus di Jalan Leilem-Sonder Tewaskan 3 Orang

“Pertama, mengenai bagaimana Indonesia meningkatkan ekosistem dari industri kendaraan listrik atau mobil listrik yang memang Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar. Yang kedua, bagaimana Indonesia juga bisa mendapatkan fasilitas untuk masuk di dalam pasar kendaraan listrik di Amerika Serikat dan bagaimana kita bisa meningkatkan kedudukan dan juga kemampuan untuk menarik investasi,” ujar Mulyani dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) RI.

Menkeu menuturkan, Kepala Negara menyampaikan bahwa pemerintah akan terus melakukan transformasi ekonomi, energi keberlanjutan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga: Alami Serangan Jantung, Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal di Madinah

“Bapak Presiden menyampaikan bahwa Indonesia akan terus melakukan transformasi ekonomi baik di bidang hilirisasi dan memperkuat ekosistem industri listrik (kendaraan listrik) dan juga dari sisi energi berkelanjutan termasuk transisi energi dan juga untuk terus mendukung pembangunan IKN,” terangnya.

Ia mengatakan, presiden dan sejumlah perusahaan di bidang industri energi membahas isu perubahan iklim dan pentingnya teknologi penangkapan karbon. Pemerintah Indonesia pun akan mematuhi komitmen dalam menghadapi perubahan iklim.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x