Ngeri, Korsel jadi Lawan Timnas Indonesia di Perempat Final Piala Asia U23, Ini Pengakuan Pelatih STY

- 23 April 2024, 07:58 WIB
Punggawa Timnas Indonesia U23 usai menaklukkan Yordania 4-1
Punggawa Timnas Indonesia U23 usai menaklukkan Yordania 4-1 /Dok: Antara/AFP/

BOLTIM NEWS – Timnas Indonesia U23 dipastikan akan menghadapi Timnas Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah The Taeguk Warriors mengalahkan Timnas Jepang U-23 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (22/4/2024).

Kemenangan ini membuat Korea Selatan menempati peringkat pertama klasemen akhir Grup B Piala Asia U-23 2024 dengan torehan sembilan poin dari tiga pertandingan dan akan berjumpa Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4) pukul 00.30 WIB, demikian catatan AFC.

Sementara itu, Jepang yang menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup B Piala Asia U-23 dengan torehan enam poin, akan menghadapi Qatar pada babak perempat final di Stadion Jassim Bin Hamad, Kamis (25/4) pukul 21.00 WIB.

Disisi lain, pertemuan ini membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) merasa tidak nyaman. Sebab, menghadapi Korea Selatan bak mimpi buruk bagi dirinya.

Dalam sesi jumpa pers usai pertandingan melawan Australia pada Kamis, 18 April 2024, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), mengungkapkan bahwa meskipun tidak dapat memastikan lawan yang akan dihadapi antara Korea Selatan atau Jepang, namun dia lebih memilih untuk bertemu dengan Jepang.

"Tentu saya tidak bisa menentukan apakah kami akan menghadapi Korea Selatan atau Jepang. Akan tetapi, saya rasa saya akan lebih memilih untuk bertemu Jepang. Saya pikir, lebih baik kami melawan Jepang ketimbang Korea Selatan," ujar STY dalam penjelasannya.

Meskipun demikian, Shin Tae-yong menegaskan bahwa dia dan timnya bertekad untuk memberikan permainan terbaik dan berusaha mengubah hasil di lapangan pada pertemuan berikutnya.

Adapun pertandingan perempat final di Piala Asia antara Timnas Indonesia dengan Korsel adalah duel kedua mereka. Sebelumnya, kedua tim pernah bertemu dalam kualifikasi Piala Asia U23 2016, dimana Pasukan Merah Putih mengalami kekalahan telak dengan skor 0-4.

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan keberhasilan Timnas Indonesia U23 lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2024 merupakan bukti bahwa skuad Garuda Muda telah bekerja keras untuk mencapai hasil optimal.

"Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga," ungkap Erick, Senin (23/4/2024) dini hari WIB.***

Editor: Faruk Langaru


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah