Iran Tumbang, Tuan Rumah Qatar Tantang Yordania di Partai Final Piala Asia

- 8 Februari 2024, 09:50 WIB
Selebrasi para pemain timnas Qatar setelah mencetak gol dalam pertandingan semifinal lawan Iran di Stadion Al Thumama
Selebrasi para pemain timnas Qatar setelah mencetak gol dalam pertandingan semifinal lawan Iran di Stadion Al Thumama /Dok: Antara/AFC/

BOLTIM NEWS – Juara bertahan sekaligus tuan rumah Qatar dipastikan menghadapi Yordania di pantai final Piala Asia 2023, setelah menumbangkan Timnas Iran di laga semifinal.

Lolosnya Qatar ke final bekat kemengan 3-2 di Stadion Al Thumama pada Rabu (7/2/2024) malam WIB.

Jalannya pertandingan

Iran unggul cepat pada menit ke-4 lewat Sardar Azmoun. Penyerang AS Roma itu menyambar sapuan bek Qatar Pedro Miguel dengan tendangan salto yang menjebol gawang kiper Meshaal Barsham. Skor 1-0.

Keunggulan Iran hanya bertahan sampai menit ke-17. Jassem Gaber menuntaskan umpan tarik Akram Afif dengan tembakan jarak jauh. Bola sempat mengenai pemain Iran sebelum masuk ke gawang yang dijaga Alireza Beiranvand. Kedudukan imbang 1-1.

Pada menit ke-43, Qatar berbalik unggul. Aksi tusukan ke dalam (cut inside) Afif dari sisi kiri dituntaskan dengan tembakannya ke sudut kanan gawang Iran yang gagal diselamatkan Beiranvand. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Iran memulai babak kedua dengan buruk setelah mereka mendapatkan hukuman penalti pada menit ke-49 karena Ahmed Fathi melakukan handball di kotak terlarang. Alireza Jahanbakhsh maju sebagai eksekutor dan berhasil menaklukkan Barsham untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Kedua tim kemudian bermain menyerang dan mencoba mencetak gol ketiga di sisa waktu.

Qatar akhirnya berhasil mencetak gol ketiga menjelang akhir pertandingan atau menit ke-82. Tendangan jarak jauh Abdel Aziz Hatem mendarat di kaki Almoez yang berada di kotak penalti. Almoez tidak menyia-nyiakan peluang itu dan melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Iran tanpa mampu dihalau Beiranvand.

Halaman:

Editor: Faruk Langaru

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah