Rakornas Pengendalian Inflasi 2024, Bos BI: Inflasi Indonesia Terendah di Dunia

- 14 Juni 2024, 20:50 WIB
Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan laporan pada pembukaan Rakornas pengendalian inflasi tahun 2024 dan TPID Award, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 14 Juni 2024.
Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan laporan pada pembukaan Rakornas pengendalian inflasi tahun 2024 dan TPID Award, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 14 Juni 2024. /Foto: Humas Setkab/Rahmat

BOLTIM NEWS - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan bahwa inflasi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir masih relatif terkendali, bahkan termasuk yang terendah di dunia pada saat ini.

Hal tersebut dilaporkanya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi tahun 2024 dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award, di Istana Negara Jakarta, Jumat 14 Juni 2024.

Baca Juga: Menko Perekonomian: Inflasi Indonesia Lebih Baik Dibandingkan Negara Lain G20

“Tren inflasi Indonesia dalam 10 tahun terakhir menurun dan terkendali rendah, bahkan termasuk yang terendah di dunia pada saat ini. Inflasi IHK pada bulan Mei 2024 tercatat sebesar 2,84 persen,” ujar Warjiyo.

Hal tersebut terbukti oleh laju inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Mei 2024 yang konsisten pada tingkat inflasi 2,84 persen atau sesuai target 2,5 plus minus 1 persen. Ia memperkirakan inflasi akan terkendali pada tingkat rendah dalam kisaran target sebesar 2,5 plus atau minus 1 persen untuk sisa tahun 2024-2025 ke depan.

“Terjaga dalam kisaran target 2,5 plus minus 1 persen. Kami memperkirakan inflasi pada sisa tahun 2024 ini dan tahun 2025 akan tetap terkendali rendah dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus 1 persen,” terangnya.

Baca Juga: Tekan Inflasi di Angka 2,84 Persen, Jokowi Apresiasi Upaya Pengendalian Inflasi di Indonesia

Dikatakan, dikarenakan kondisi global yang masih bergejolak dan belum stabil, Bank Indonesia bersama pemerintah akan bersinergi menerapkan kebijakan moneter yang konsisten untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia dengan mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

“Dalam kondisi global yang masih bergejolak ini, kebijakan moneter akan secara konsisten untuk menjaga stabilitas dengan memastikan inflasi tetap terkendali dan nilai tukar rupiah tetap stabil,” jelas Gubernur BI.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah