Silaturahmi dengan Para Nasabah Mekaar, Jokowi: Saya Senang di Sulawesi Selatan

- 23 Februari 2024, 11:48 WIB
Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan nasabah program PNM Mekaar di Lapangan Pallantikang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis 22 Februari 2024.
Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan nasabah program PNM Mekaar di Lapangan Pallantikang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis 22 Februari 2024. /Foto: BPMI Setpres/Kris

BOLTIM NEWS - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), bersilaturahmi dengan nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Pallantikang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis 22 Februari 2024.

Dalam sambutannya, presiden mengapresiasi nilai penyaluran pinjaman kepada nasabah Mekaar di Provinsi Sulawesi Selatan sangat besar.

Baca Juga: Resmikan 27 Ruas Jalan, Jokowi Harap Konektivitas Antardaerah dan Antarprovinsi Makin Baik

“Saya senang di Sulawesi Selatan tadi yang sudah diberikan kepada nasabah 6,8 triliun rupiah, gede banget itu. Itu kalau dimiliarkan Rp6.800 miliar yang sudah tersalur ke Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Jokowi.

Hal ini menunjukkan bahwa para nasabah di Sulawesi Selatan memiliki semangat untuk menjadi produktif. Namun demikian, Presiden Jokowi mengingatkan agar para nasabah berhati-hati dalam mengelola pinjaman yang diberikan. Kepala Negara mendorong agar pinjaman tersebut dipergunakan sebagai modal usaha maupun kerja.

“Kalau ibu-ibu ngambil dari PNM misalnya Rp5 juta, saya titip ini, ngambil Rp5 juta, Rp5 juta itu 100 persen harus dipakai untuk modal kerja, 100 persen Rp5 juta harus dipakai untuk modal usaha. Jangan ada yang meleng-meleng kemana-mana. Itu bukan uangnya ibu-ibu, itu uangnya kita semuanya,” katanya mengingatkan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Pangan di Kabupaten Maros

Di samping itu, presiden juga mendorong para nasabah untuk menabung hasil keuntungan usaha yang didapat. Dari tabungan tersebut, para nasabah dipersilakan jika ingin membeli barang-barang konsumtif yang dapat mendukung usahanya.

“Dari tabungan itulah ibu-ibu kalau mau beli sepeda motor biar produktif silakan atau mau beli mobil pick up untuk jualan silakan dari keuntungan, bukan dari pokok yang diberikan oleh PNM Mekaar. Hati-hati saya titip itu aja,” terangnya.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x