Tinjau Panen Raya di Sulteng, Presiden Jokowi: Hasilnya Saya Lihat Bagus

- 27 Maret 2024, 19:53 WIB
Presiden Jokowi melakukan peninjauan langsung panen raya di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulteng, Rabu 27 Maret 2024.
Presiden Jokowi melakukan peninjauan langsung panen raya di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulteng, Rabu 27 Maret 2024. /Foto: BPMI Setpres/Rusman

BOLTIM NEWS – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), melakukan peninjauan langsung panen raya di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu 27 Maret 2024.

Berdasarkan tinjauan Kepala Negara, hasil panen di wilayah tersebut menunjukkan hasil yang baik.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Fasilitas dan Layanan Kesahatan di RSUD Mokopido Tolitoli

“Ya saya ingin melihat panen besar yang ada di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dan hasilnya saya lihat bagus, per hektare bisa 6-6,2 ton per hektarenya, artinya baik,” ungkap Jokowi mengenai hasil panen.

Presiden menekankan pentingnya mempercepat proses penanaman kembali pascapanen, dengan memanfaatkan teknologi mekanisasi modern. Ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Rehabilitasi Dua Pelabuhan di Kawasan Teluk Palu

“Ini oleh Pak Mentan didorong untuk mempercepat penanaman kembali sehingga setelah dipanen langsung diolah tanahnya dengan traktor, dengan mesin-mesin yang mekanisasi yang lebih modern, dan ini akan mempercepat dimulainya penanaman kembali,” jelasnya.

Sampurno, seorang petani lokal, berbagi pengalaman tentang panen di Pandere, Kabupaten Sigi, dengan luas tanah pertanian yang mencapai 200 hektare.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Rekonstruksi Jaringan Irigasi Gumbasa di Sulteng

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x