Presiden Jokowi Ajak Industri Jasa Keuangan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

- 20 Februari 2024, 15:44 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2024, di  Ballroom The St. Regis, Provinsi DKI Jakarta, Selasa 20 Februari 2024.
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2024, di Ballroom The St. Regis, Provinsi DKI Jakarta, Selasa 20 Februari 2024. / Foto: Humas Setkab/Rahmat

BOLTIM NEWS - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), mengajak pelaku industri jasa keuangan untuk terus menjaga industri jasa keuangan sekaligus menjaga ekonomi Indonesia agar inklusif dan berkelanjutan di tengah situasi geopolitik yang masih belum kondusif.

Hal tersebut disampaikan presiden saat memberikan sambutan pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2024, di Ballroom The St. Regis, Provinsi DKI Jakarta, Selasa 20 Februari 2024.

 “OJK harus terus memperkuat inklusi dan literasi keuangan. Ini catatan saya di sini, tingkat inklusi keuangan kita di angka 75 persen dan tingkat literasi keuangan kita masih di angka 65 persen di 2023,” Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tekankan Kualitas Hakim Kunci Sistem Peradilan

Presiden pun berharap, situasi politik di dalam negeri yang stabil usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dapat mendorong arus investasi bergerak lebih meningkat dan lebih baik lagi.

“Yang paling penting politik negara kita, politik dalam negeri kita stabil dan pastinya ini melegakan para pelaku industri keuangan dan membangkitkan industri keuangan yang semakin kokoh untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” terangnya.

Selain itu, presiden juga mendorong industri jasa keuangan untuk turut membantu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui peningkatan akses permodalan.

“Yang tidak kalah pentingnya dukungan kita terhadap UMKM melalui perbankan dan asuransi. Kredit perbankan untuk UMKM saat ini masih 19 persen, ini perlu sebuah terobosan, perlu sebuah strategi agar ada peningkatan kredit perbankan kepada UMKM sehingga kita bisa melihat UMKM tumbuh dengan baik,” jelas presiden.

Baca Juga: Hadapi Bulan Puasa dan Lebaran, Kepala Bapanas Pastikan Ketersediaan Beras Cukup

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x