Tinjau Pasar Induk Cipinang, Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Tersedia

- 16 Februari 2024, 11:21 WIB
Presiden Jokowi meninjau Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Kamis 15 Februari 2024.
Presiden Jokowi meninjau Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Kamis 15 Februari 2024. /Foto: BPMI Setpres

BOLTIM NEWS - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), melakukan peninjauan ke Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Kamis 15 Februari 2024. Kedatangannya di area tersebut untuk memastikan secara langsung bahwa stok beras tersedia dengan jumlah yang mencukupi, untuk kemudian didistribusikan ke ritel, pasar swalayan, hingga pasar-pasar di daerah.

“Saya datang di Pasar Induk Beras Cipinang ini untuk memastikan bahwa stok di sini ada, karena dari sinilah didistribusikan ke retail, ke supermarket, ke daerah, dari Pasar Induk Cipinang. Sehingga, saya ingin pastikan beras yang ada di sini ada, tersedia, jumlahnya cukup. Dan, saya melihat melimpah, melimpah,” ujar Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan.

Baca Juga: Lampaui Rp565 Triliun, Tren Investasi Manufaktur Terus Naik di Dekade Terakhir

Kepala Negara menyebutkan bahwa harga beras yang berada di atas harga normal saat ini disebabkan oleh belum masuknya hasil panen serta terganggunya jalur distribusi.

“Suplai itu karena memang panennya belum masuk, yang dari produksi dipanen belum masuk ke pasar. Distribusinya juga terganggu di urusan banjir di Demak, di Grobogan, itu mempengaruhi,” jelasnya.

Kendala ini, imbuh presiden, dapat diatasi dengan suplai pasokan beras dari Perum Bulog.

Baca Juga: Buka Pameran IIMS 2024, Jokowi Tekankan Mobil Listrik Masa Depan Otomotif Indonesia

“Saya kira sudah diselesaikan lewat pengiriman dari Bulog juga ke daerah, Bulog ke Pasar Induk Cipinang. Nanti dilihat, saya kira dalam kurun seminggu-dua minggu ini berasnya akan sedikit turun, sambil nunggu panen. Kalau panen rayanya datang lagi, pasti sudah biasa lagi,” terang presiden.

Selain itu, untuk mengendalikan harga beras, Presiden Jokowi juga telah menginstruksikan jajaran terkait untuk mendistribusikan suplai beras ke pasar dan ke daerah, baik beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) maupun beras komersial.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x