Bukan Sulap Bukan Sihir, Hadirnya Kereta Api Cepat, Jakarta – Bandung Ditempuh hanya Dalam Waktu Setengah Jam

- 26 September 2023, 08:50 WIB
ilustrasi - kereta cepat
ilustrasi - kereta cepat /dok.kereta cepat jakarta bandung/

BOLTIM NEWS – Pemerintah telah menyediakan transportasi canggih bagi warga Indonesia khsusnya bagi yang ingin bepergian PP Jakarta – Bandung. Tranportasi tersebut adalah Kereta Api Cepat. Ketika berpergian pasti tidak ada lagi kata terlambat.

Kereta cepat hadir dengan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh hanya dalam waktu 36 hingga 44 menit. Perjalanan lebih singkat dan fleksibel untuk aktivitas yang lebih maksimal.

Beberapa hari lalu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan trip uji coba kereta cepat dengan mengajak sejumlah artis serta kawan dari berbagai komunitas pada hari itu.

Berangkat ke Bandung pukul 9 pagi. Tiba kembali di Jakarta pukul 12.30. Durasi perjalanan itu sudah termasuk istirahat satu jam kulineran.

Tentu saja, dengan jarak tempuh PP Jakarta – Bandung secepat itu, maka ini bukan sulap juga bukan sihir.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan Kemenhub terus konsisten melaksanakan aksi mitigasi perubahan iklim pada sektor transportasi.

“Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung, LRT Jabodebek dan MRT Jakarta, pengembangan KA perkotaan dan KA Bandara, serta pembangunan double track adalah aksi mitigasi yang dilakukan di sektor perkeretaapian, “ kata Menhub, Rabu (20/9) pekan lalu.   

Menhub menjelaskan, pembangunan konektivitas antarwilayah di Indonesia dilakukan dengan paradigma Indonesia Sentris, yaitu merata ke seluruh wilayah, tidak saja wilayah perkotaan tetapi hingga ke pelosok daerah.

Dengan telah dibangunnya sejumlah sarana dan prasarana transportasi, Menhub menginstruksikan jajarannya untuk memastikan infrastruktur transportasi yang sudah dibangun, benar-benar memiliki manfaat yang optimal dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam kurun waktu 2014-2023, Kementerian Perhubungan telah membangun sejumlah infrastruktur transportasi baik di sektor darat, laut, udara dan perkeretaapian, “ ujarnya.***

Editor: Faruk Langaru

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x