Kelompok UMKM Binaan Tambang Emas Nasioanl PT JRBM raih Penghargaan Terbaik se-Bolmong

- 2 September 2023, 14:12 WIB
Anggota UMKM Permata Bunda dengan produk keripik pisangnya meraih predikat UMKM terbaik se-Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara dalam ajang UP2K di Bolmong, Kamis (31/8/2023)
Anggota UMKM Permata Bunda dengan produk keripik pisangnya meraih predikat UMKM terbaik se-Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara dalam ajang UP2K di Bolmong, Kamis (31/8/2023) /ANTARA/HO-JRBM.

BOLTIM NEWS – PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) Sulawesi Utara, tak hanya fokus dalam dunia pertambangan. Perusahaan tambang emas yang berlokasi Desa Bakan, Kecamatan Lolayan ini memiliki kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan dengan nama Permata Bunda.

Pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51, di ajang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), kelompok UMKM pembuat keripik pisang binaan perusahaan tambang emas nasional JRBM itu mendapat penghargaan sebagai UMKM terbaik se-Kabupaten Bolaang Mongondow.

Direktur PT JRBM Arif Perdanakusumah dalam keterangan di Jakarta, pada Sabtu (2/9/2023) menilai penghargaan tersebut sebagai bonus dari apa yang sudah dilakukan selama ini.

"Hal yang paling penting adalah bagaimana anggota UMKM mendapat manfaat ekonomi dan keterampilan sehingga kegiatan di kelompok terus tumbuh," kata Arif yang dilansir Antara.

Ia mengatakan, pihak perusahaan akan terus mendukung untuk pengembangan kelompok ini kedepan.

“Kami tentu siap membantu kelompok UMKM ini untuk tumbuh dan diharapkan dapat menularkan hal-hal positif ini ke kelompok UMKM lain dan juga ke desa-desa lingkar tambang yang lain,” jelasnya.

JRBM menurut Arif, memiliki beberapa program prioritas dalam Program Pengembangan Masyarakat (PPM). Salah satunya di bidang ekonomi lewat kegiatan pemberdayaan UMKM dan budi daya kakao.

Selama ini untuk kelompok UMKM Permata Bunda, ada beberapa jenis bantuan yang diberikan, mulai dari fasilitas peralatan dan kelengkapan sanggar produksi, peralatan untuk pengolahan sampai alat pengemasan produk. Kemudian juga ada kegiatan pelatihan dalam hal menghasilkan produk yang memiliki rasa bervariasi serta pengurusan izin PIRT dan sertifikat halal.

Sementara Ketua Kelompok UMKM Permata Bunda, Rolia Mamonto mengatakan penghargaan ini tidak terlepas dari kesuksesan usaha pembuatan keripik pisang yang selama ini sudah menambah penghasilan ibu-ibu PKK di Desa Mopusi, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong.

Halaman:

Editor: Faruk Langaru


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x