Pilkada Sulut: Diprediksi Bakal Terjadi Tiga Calon, Elly Lasut, CEP dan Steven Kandouw

- 24 Mei 2024, 07:39 WIB
E2L, CEP dan Steven Kandouw
E2L, CEP dan Steven Kandouw /Foto: Istimewa/BOLTIM NEWS/

BOLTIM NEWS – Situasi politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Utara (Sulut) 2024 mulai memanas dengan dinamika politik terbaru. Dengan perkembangan tersebut, Pilkada Sulut diprediksi bakal diwarnai oleh tiga pasangan calon kuat. Berikut prediksinya:

Elly Engelbert Lasut (E2L), yang saat ini menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, terlihat semakin intens melakukan lobi-lobi politik ke tingkat atas. Setelah berhasil mengantongi dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan bertemu dengan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, E2L kini kembali menunjukkan manuver politiknya. Ia menemui petinggi DPP Partai Perindo dalam rangka mendapatkan SK dukungan Perindo untuk maju di Pilkada 2024.

Langkah E2L ini menunjukkan keseriusannya dalam menggalang kekuatan politik yang solid. Jika dukungan dari PSI dan Perindo terwujud, maka E2L, yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Talaud, bisa maju di Pilkada dengan modal kuat.

Baca Juga: Pengamat Politik Buka Suara Soal Hasil Survei Pilkada Sulut

Dukungan ini akan memastikan E2L memiliki 9 kursi di DPRD Sulut, yang merupakan syarat minimum untuk maju dalam Pilkada Sulut, dari total 45 kursi yang ada di DPRD Sulut.

Kabar terbaru juga menyebutkan bahwa Partai NasDem, dengan modal 6 kursi di DPRD Sulut, diprediksi akan bergabung dengan E2L. Prediksi ini muncul setelah Ketua DPW Partai NasDem Sulut, Victor Mailangkay, mendaftar di Partai Demokrat sebagai calon wakil gubernur.

Langkah ini semakin memperkuat posisi E2L dalam kontestasi Pilkada Sulut 2024, mengingat dukungan dari NasDem akan menambah kekuatan koalisi yang dibangun E2L untuk meraih kemenangan.

Di sisi lain, Koalisi Solidaritas Sulut Maju (KSSM) diprediksi bakal mengusung calon sendiri. Kalaupun ditinggal oleh PSI dan NasDem, KSSM masih memiliki dukungan dari Partai Golkar dengan 6 kursi dan Partai Gerindra dengan 4 kursi di DPRD Sulut.

Dengan modal 10 kursi ini, KSSM dianggap memiliki cukup kekuatan untuk mengusung calon gubernur dan wakil gubernur. Oleh karena itu, jika KSSM tetap bertahan, koalisi ini dapat mengajukan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) atau Carlo Brix Tewu sebagai calon gubernur, memberikan pilihan alternatif yang kuat dalam kontestasi Pilkada Sulut 2024.

Halaman:

Editor: Faruk Langaru


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah