Korban Tewas Akibat Banjir Bandang di Afghanistan Meningkat

- 11 Mei 2024, 18:55 WIB
Anak-anak melihat pasca banjir setelah hujan lebat di Desa Kar Kar, Provinsi Baghlan, Afghanistan, 11 Mei 2024.
Anak-anak melihat pasca banjir setelah hujan lebat di Desa Kar Kar, Provinsi Baghlan, Afghanistan, 11 Mei 2024. /Foto: Reuters/Sayed Hassib

BOLTIM NEWS - Korban tewas akibat banjir bandang dahsyat di Afghanistan utara meningkat menjadi 153 orang di tiga provinsi, kata kementerian dalam negeri Taliban pada Sabtu 11 Mei 2024.

Sedikitnya 138 orang juga terluka dalam banjir di Baghlan utara, Takhar dan Badakhshan, yang disebabkan oleh hujan lebat pada hari Jumat 10 Mei 2024, kata juru bicara kementerian, Abdul Mateen Qaniee.

Baca Juga: Minta Warga Mengungsi, Israel Siap Lanjutkan Serangan ke Rafah

Pihak berwenang Taliban mengirim helikopter untuk mencoba membantu warga sipil semalaman setelah menerima laporan bahwa lebih dari 100 orang terdampar.

Banyak orang kehilangan tempat tinggal dan transportasi, sistem air dan limbah “sangat terganggu”, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Laut China Selatan: Mengapa Ketengangan Tiongkok dan Filipina Memanas?

“Dampaknya sangat besar, menyebabkan hilangnya nyawa dan cedera, dan banyak orang masih belum ditemukan,” kata kantor WHO di Afghanistan dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam.

Ia menyebutkan bahwa empat pusat kesehatan telah rusak dan satu hancur akibat banjir dan mengatakan badan tersebut mengirimkan tim kesehatan untuk memberikan perawatan di daerah yang terendam banjir.***

Editor: Gazali Ligawa

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah