Bertemu PM Kanada, Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi

- 20 Mei 2023, 19:32 WIB
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan dengan PM Kanada Justin Trudeau di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan dengan PM Kanada Justin Trudeau di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang /Foto: BPMI Setpres/Rusman

BN, Pikiran Rakyat - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meminta dukungan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau terkait perjanjian kerja sama ekonomi kedua negara. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam pertemuan bilateral di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, Sabtu 20 Mei 2023.

“Mohon dukungan Yang Mulia terkait penyelesaian perjanjian Indonesia-Kanada CEPA, realisasi investasi Pension Funds Kanada yang fokus di pembangunan Ibu Kota Nusantara, pembangunan mekanisme pendanaan untuk feasibility study bagi proyek greenfield di Indonesia,” ujar Jokowi dikutip dari laman resmi Setkab.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak PM Kepulauan Cook Jadikan Pasifik Kawasan Damai

Selain itu, presiden juga berharap terjadinya percepatan terhadap realisasi pengembangan bandara hijau di Kalimantan Utara, eksplorasi dan pengayaan logam tanah jarang, serta pembentukan satuan tugas bilateral. Ia pun mengapresiasi dukungan negara-negara G7, termasuk Kanada dalam membantu transisi energi Indonesia.

“Saya harap dukungan dana USD 20 miliar dapat segera direalisasikan tapi tidak dalam bentuk utang,” terangnya.

Terkait ketahanan pangan, presiden mendorong implementasi kesepakatan antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dan Canadian Commercial Corporation terkait pasokan potas dan gandum.

Baca Juga: Gelar Pertemuan Bilateral, Indonesia-Brasil Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan PM Trudeau turut membahas mengenai ASEAN, termasuk situasi di Myanmar.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x