Indonesia dan Timor Leste Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi

- 10 Mei 2023, 16:29 WIB
Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Taur Matan Ruak, menggelar pertemuan bilateral
Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Taur Matan Ruak, menggelar pertemuan bilateral /Foto BPMI Setpres

Boltimnews, Pikiran Rakyat - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Taur Matan Ruak, menggelar pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa 9 Mei 2023.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi mengatakan, mengawali pertemuan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang atas keikutsertaannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42.

“Bapak Presiden menyampaikan tentunya ucapan selamat datang karena untuk pertama kalinya Timor Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN,” kata Retno usai mendampingi presiden pada petemuan itu, dikutip dari laman resmi Setkab.

Ia menuturkan, pada pertemuan tersebut kedua pemimpin juga membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk di wilayah perbatasan kedua negara. Pembahasan itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan PM Timor Lest eke Indonesia beberapa waktu yang lalu.

“Kedua pemimpin sepakat bahwa akan dibentuk joint working group yang akan mempersiapkan pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara,” terangnya.

Menlu menjelaskan, selain itu Indonesia dan Timor Leste juga sepakat untuk mendorong dimulainya pembentukan bilateral investment treaty. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara.

“Bapak Presiden juga mengingatkan mengenai masalah pentingnya kita segera menyelesaikan perundingan batas negara,” ucapnya.

Retno menyebutkan, terkait keanggotaan di ASEAN, PM Timor Leste menyampaikan apresiasi terhadap dukungan yang telah diberikan oleh Indonesia. Presiden Jokowi pun berharap, Timor Leste dapat segera memenuhi semua kriteria untuk dapat menjadi anggota penuh ASEAN.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x