Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Lampung, Jokowi Kucurkan Ratusan Miliar

- 5 Mei 2023, 22:08 WIB
Presiden Jokowi meninjau kondisi jalan rusak di Provinsi Lampung
Presiden Jokowi meninjau kondisi jalan rusak di Provinsi Lampung /Foto Instagram Jokowi

Boltimnews, Pikiran Rakyat - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di Provinsi Lampung.

Perkataan ini dilontarkan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, usai meninjau sejumlah jalan yang rusak di area tersebut pada Jumat 5 Mei 2023.

“Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi. Baik jalan kabupaten, baik jalan provinsi, baik jalan kota yang rusak parah,” ujar Jokowi dikutip dari laman resmi Setkab.

Menurutnya, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing. Pemerintah pusat untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi dan bupati walikota untuk jalan kabupaten kota. Meskipun demikian kata presiden, pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Lampung.

“Tetapi ini karena memang sudah lama ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” terangnya.

Pucuk pimpinan Nusantara ini menuturkan, untuk memperbaiki infrastruktur jalan tersebut pada tahun ini pemerintah pusat akan secara khusus mengucurkan anggaran sebesar kurang lebih 800 miliar untuk Lampung. Biaya itu akan mencakup perbaikan 15 ruas jalan dan akan dimulai tahap pembangunannya pada bulan Juni setelah proses lelang dilakukan.

Baca Juga: Cek Jalan Rusak Yang Viral, Presiden Jokowi Lakukan Kunker ke Lampung

“Begitu saya lihat tadi, saya sudah perintahkan Pak Menteri PU untuk lelang, tapi juga nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawabnya Pak Gubernur, ada yang tanggung jawabnya Bapak Ibu Bupati yang ada di sini. Jangan semuanya pemerintah pusat,” beber presiden dua periode ini.

Halaman:

Editor: Gazali Ligawa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x